Pola Makan yang Baik Berdasarkan Tipe Golongan Darah


Sari-sari makanan dialirkan ke seluruh tubuh melalui system sirkulasi. Dr. James D’Adamo dan Dr. Peter J. D’Adamo berasumsi “Jika darah merupakan sumber utama penyalur makanan pada tubuh, kemungkinan besar darah juga dapat mengidentifikasi perbedaan makanan.”
Berdasarkan asumsi itu, mereka menemukan bahwa ternyata ada mata rantai yang hilang dalam proses yang mengarah pada kesehatan atau penyakit. Mata rantai itu adalah rantai makanan yang menyebabkan proses kimiawi manusia ikut berubah salah satunya adalah golongan darah.
Golongan darah menjadi kunci bagi keseluruhan system kekebalan tubuh manusia, serta menciptakan antibody untuk menangkal berbagai penyakit dan infeksi. Selain itu, ia juga merupakan penentu pola makan dan jenis olahraga yang dibutuhkan seseorang.
Berikut adalah fakta-fakta tentang tipe berbagai golongan darah
1. Gol. Darah O merupakan gol. darah tertua di dunia, pertama kali ditemukan di Afrika.
2. Gol. darah A muncul seiring dengan perubahan peradaban masyarakat agraris.
3. Gol. darah B muncul ketika manusia pindah ke belahan bumi utara, ke daerah yang lebih berbahaya.
4. Gol. darah AB merupakan adaptasi modern, suatu perpaduan dari berbagai sifat golongan darah A dan B.
Penulis akan menerangkan lebih lanjut tentang golongan darah dan pola makan yang cocok. Dirangkum dari buku Terapi Herbal Berdasarkan Golongan Darah.
A. Pola Makan Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah ini memiliki karakter si Pemburu yang Kuat, Percaya Diri yang Tinggi, Pantas menjadi Pemimpin.
Golongan darah ini akan lebih baik keadaaannya jika diberi makanan tinggi protein. Daging sapi, ayam, dan ikan yang tidak tercemar zat kimia sangat baik untuk daya tahan tubuh mereka. Namun, mereka yang bergolongan darah ini harus berhati-hati dengan produk susu terutama yang susu sapi yang mengandung lemak karena mereka sulit mengubah lemak menjadi endergi. Mereka dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai.
Mereka yang dengan tipe darah ini dapat merespon minyakdan lemak dengan baik karena merupakan sumber nutrien penting bagi tubuh dan membantu proses buang air besar. Contoh minyak yang baik dikonsumsi adalah minyak zaitun dan minyak biji rami.
Polong-polongan seperti buncis dan kacang polong perlu dihindari karena mengandung lektin. Lektin ini jika tidak terpakai akan menyebabkan rematik. Selain itu, jenis sayuran yang menjadi masalah besar bagi merka dengan golongan darah ini adalah kubis. Sayuran ini dapat menghambat fungsi tiroid, yang memang fungsi tiroid mereka lebih rendah dibandingkan golongan darah lain. Sayuran hijau yang bagus bagi mereka yaitu kaya vitamin K sepertibrokoli dan asparagus. Jadi, pantangan bagi mereka adalah kecambah alfafa, lidah buaya, avokad, kembang kol, jagung, mentimun, bawang prei, mustard, jamur shitake, kubis, kentang, dan pare.
Untuk buah, lebih baik dalam bentuk jus. Buah yang bagus untuk tipe golongan darah ini seperti apel karena mengandung kadar gula tinggi. Jus nanas juga bagus karena membantu mengurangi mudahnya cairan tubuh keluar melalui kulit dan kembung. Buah yang disarankan diantaranya yaitu papaya, semangka, mangga, pir, pisang, melon dll. Sedangkan buah yang di pantang adalah blewah, kiwi, melon madu, pisang tanduk, kelapa dan santan, jeruk keprok.
Penyakit yang berisiko tinggi bagi golongan darah O, antara lain: kelainan pembekuan darah, peradangan ( terutama arthritis), produksi thyroid rendah, kembung.

B. Pola Makan Golongan Darah A
Mereka yang bergolongan darah ini memerlukan makan sealami mungkin unuk memperkuat system kekebalan tubuh dan menghambat berbagai penyakit berbahaya. Penyakit yang berisiko tinggi anatara lain: jantung, diabetes mellitus, kanker, gangguan hati dan empedu serta hepatitis.
Orang golongan darah A sangat cocok mengonsumsi makanan vegetarian. Jenis sayuran yang baik bagi mereka adalah brokoli, wortel, labu, bayam dan bawang Bombay yang merupakan penguat system kekebalan tubuh yang bagus. Sedangkan yang perlu dihindari antara lain kol, tomat, merica, kentang, dan ubi. Sayuran tersebut mengandung lektin yang berdampak negatif pada saluran pencernaan.
Daging dan olahannya seperti ham dan sosis harus dihapus dari daftar makanan mereka karena mengandung nitrat yang dapat memicu kanker lambung. Hindari juga mi instan. Mereka dapat mengonsumsi sejumlah susu yang di fermentasikan seperti yoghurt, kefir, krim tawar dll. Tapi, mereka harus menghindari susu murni dan membatasi konsumsi telur.
Kacang kedelai dan olahannya dianjurkan sebagai bahan baku utama dalam pola makannya. Jika sedang pilek, asma, sering terinfeksi, sebaiknya membatasi konsumsi gandum dan olahannya.
Untuk buah, mereka dapat makan berbagai buah. Tapi, buah-buahan tropis tidak cocok bagi mereka seperti mangga dan papaya karena menyebabkan iritasi lambung. Mereka baiknya mengonsumsi buah-buahan yang bersifat basa seperti melon untuk menyeimbangkan asam lambung,anggur, sirsak, dan srikaya.
Vitamin yang yang disarankan bagi yang bergolongan darah A antara lain vit.B12, vit.C, Vit. E, kalsium, besi, seng dan selenium.

C. Pola Makan Golongan Darah B
Mereka bagus mengonsumsi berbagai jenis daging. Jika terjadi penurunan daya tahan tubuh, disarankan mengonsumsi daging kambing, domba atau kelinci 2-3 kali seminggu. Daging tersebut lebih disarankan dibandingkan daging sapi atau kalkun.
Mereka yangbergolongan darah B dapat menikmati hampir semua produk susu. Gandum dan Jagung perlu dicoret dari daftar makan mereka karena mengandung lektin yang tersimpan dalam jaringan otot sehingga menyebabkan pembakaran kalori lebih lambat. Akibatnya, berat badan akan naik. Mereka yang bergolongan darah ini rata-rata cepat gemuk.
Sayuran yang dikonsumsi lebih baik yang kaya akan magnesium. Sayuran yang disarankan antara lain bit, wortel, terung, jahe, ubi, selada, asparagus, bawang, bayam dll. Sedangkan yang harus di hindari adalah pare, jagung, waluh, zaitun, dan tomat. Untuk buah, mereka disarankan mengonsumsi buah antara lain semua anggur, nanas, papaya, ceri, mangga, jeruk, kiwi, dll. Sedangkan yang harus dihindari adalah kelapa dan santan, kesemek, delima dan belimbing.

D. Pola Makan Golongan Darah AB
Produksi lender mereka berlebihan. Mempunyai masalah dengan saluran napas, sinus, atau infeksi telinga. Lebih bermanfaat bagi mereka untuk mengonsumsi beras dibandingkan pasta. Jagung harus dihindari. Mereka juga harus membatasi porsi daging yang dimakan karena asam lambung mereka tidak cukup efektif untuk mencerna terlalu banyak protein hewani.Hindari konsumsi daging ayam. Sebaiknya mereka menjadikan makanan hasil laut sebagai menu utama.
Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan dilemma bagi mereka. Walaupun dapat dijadikan sumber protein penunjang yang baik, semua biji-bijian mengandung lektin yang dapat menghambat insulin. Untuk amannya, lebih baik konsumsilah kacang tanah.
Sayuran yang dianjurkan adalah sayuran segar yang merupakn sumber penting fitokimia, yakni zat alami dalam makanan yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Sayuran yang harus dihindari lidah buaya, buah zaitun, jagung, jamur shitake, pare.
Buah-buahan yang dikonsumsi harus diarahkan pada buah yang bersifat basa seperti anggur, plum, beri dan buah yangmengandung vit.C. perasan jus lemon (1/2 lemon) yangdicampur segelas air hangat yang diminum setiap pagi dapat membersihkan dan menghilangkan lender. Buah-buahan yang harus dihindari antara lain pisang, kelapa, kesemek, delima, belimbing avocado.
Pada dasarnya mereka tidak membutuhkan suplemen dalam pola makannya dan hanya dikonsumsi dengan alasan tertentu karena makanan yang bergolongan darah AB sudah banyak mengandung vit. A, vit. B12, niasin dan vit. E.

4 thoughts on “Pola Makan yang Baik Berdasarkan Tipe Golongan Darah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s